Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

13 Misteri Kapal Titanic yang Sampai Saat Ini Belum Terpecahkan

adminajaib Avatar
bangkai-kapal-titanic_169

Jakarta – Tenggelamnya kapal Titanic masih menyimpan 13 misteri yang sampai sekarang masih belum ada yang berhasil memecahkan. Apa saja?

Siapa yang tidak tahu kisah tenggelamnya kapal Titanic yang terjadi lebih dari seabad yang lalu. Bukan hanya menggemparkan, ternyata Titanic masih menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan sampai sekarang.

Kapal Titanic sendiri merupakan kapal mewah yang berlayar pada 10 April 1912 dan tenggelam lima hari setelah berlayar. Tragedi itu merenggut nyawa sekitar 1.500 orang dari 2.223 penumpang. Dari sinilah misteri yang belum terpecahkan itu dimulai.

Lantas apa saja 13 misteri yang belum terpecahkan dari tragedi tenggelamnya kapal Titanic?

1. Apakah benar yang tenggelam adalah Kapal Titanic?
Beberapa pihak berargumen bahwa kapal yang tenggelam bukanlah Titanic, melainkan R.M.S. Olimpiade. Seperti ceritanya, kapal Olimpiade rusak dalam kecelakaan di tahun sebelumnya, tetapi untuk mendapatkan pembayaran asuransi yang lebih besar, pemilik bersama kapal tersebut menganggap Olimpiade sebagai Titanic dan kemudian dengan sengaja menenggelamkannya.

Meskipun ada banyak fakta yang belum terungkap dalam teori Titanic ini, nomor seri yang ditemukan di bagian kapal yang tidak tenggelam mendukung argumen tersebut.

2. Kebakaran sebelum tenggelam
Kapal Titanic dikisahkan mengalami kebakaran sesaat sebelum tenggelam. Hal ini mirip seperti yang dikisahkan dalam film Titanic bahwa kapal itu rusak setelah api batu bara melahap kapal itu. Kerusakan tersebut berdampak pada lambung kapal, sehingga mempercepat tenggelamnya kapal saat bertabrakan dengan gunung es.

3. Kapten mempercepat laju kapal
Selama beberapa dekade, orang-orang percaya bahwa Kapten Smith, kapten Kapal Titanic, mempercepat laju kapal melalui perairan yang dipenuhi gunung es di Atlantik Utara karena dia ingin Titanic menyeberangi Atlantik lebih cepat daripada kapal saudaranya, Olympic.

Namun pada tahun 2004, Geological Society of America menerbitkan sebuah makalah akademis oleh insinyur Robert H. Essenhigh dengan teori yang berbeda yang mengungkapkan alasan sebenarnya kapten Titanic mempercepat laju kapal adalah untuk membakar batu bara secepat mungkin untuk mengendalikan api batu bara tersebut, seperti yang telah dibahas sebelumnya.

4. Kapal terbagi menjadi dua bagian
Pada tanggal 1 September 1985, ahli kelautan Robert Ballard menemukan bangkai kapal 2,5 mil di bawah permukaan laut, bersamaan dengan berita mengejutkan bahwa kapal tersebut telah pecah menjadi dua sebelum tenggelam.

Sebelumnya, semua orang mengira kapal itu tenggelam utuh setelah bertabrakan dengan gunung es saat melaju di perairan es di dekat pantai Newfoundland. Penemuan Ballard mengarah pada teori baru bahwa kapal terbelah menjadi dua bagian, yang dinilai sebagai perbedaan antara hidup dan mati.

Adapun hal itu juga dinilai sebagai hasil dari cacat desain dan kurangnya bahan berkualitas oleh pemilik atau pembuatnya.

5. Benarkah torpedo jadi alasan kapal Titanic tenggelam?
Sebagian besar percaya bahwa Titanic tenggelam setelah menabrak gunung es. Namun, beberapa orang menduga bahwa Titanic ditorpedo oleh U-boat Jerman.

Teori ini tampaknya tidak terlalu mengada-ada mengingat bahwa tiga tahun kemudian pada tahun 1915, sebuah U-boat Jerman benar-benar menenggelamkan kapal penumpang, Lusitania.

Namun, mungkin saja ahli teori torpedo mengacaukan Titanic dengan Lusitania. Mungkin juga mereka mengacaukan Titanic dengan Olympic, yang mengalami kerusakan setelah bertabrakan dengan kapal militer pada tahun 1911.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Author Profile

John Doe

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam.

Search