Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

Pengertian Ikan Konsumsi, Jenis, dan Manfaatnya

adminajaib Avatar
Pengertian Ikan Konsumsi, Jenis, dan Manfaatnya

feedhertothesharks.com, jakarta – ikan adalah anggota vertebrata (hewan bertulang belakang) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan berkembang biak dengan cara bertelur.

Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam. Meski ada banyak jenis ikan, tidak semuanya bisa dikonsumsi.

Ikan konsumsi adalah ikan yang sering digunakan sebagai bahan lauk pauk dan sering menjadi pilihan untuk dikonsumsi.

Jenis ikan konsumsi ini bisa dibagi lagi menjadi beberapa bagian, yakni ikan yang berasal dari daerah perairan di darat dan ikan yang ada di laut.

Jika kita membahas tentang apa saja jenis ikan konsumsi yang kerap kali menjadi pilihan budidaya, jawabannya akan sangat banyak.

Jenis yang sering dibudidayakan juga banyak. Biasanya jenis ikan konsumsi tersebut adalah yang sering dibeli dan dikonsumsi oleh masyarakat.

Berikut ini jenis-jenis ikan konsumsi dan manfaatnya yang perlu diketahui, dilansir dari Modul PJJ Prakarya Aspek Budidaya Kelas 9 Semester Genap terbitan Kemdikbud, Jumat (19/5/2023). 

Jenis-Jenis Ikan Konsumsi

Jenis ikan konsumsi yang sering dibudidayakan ada banyak. Beberapa yang umum dibudidayakan di air tawar yakni patin, lele, gurami, nila, dan bawal.

Beberapa jenis ikan air laut yang sering dibudidayakan adalah ikan kerapu bebek, ikan kerapu macan, kerapu sunu, ikan baronang, ikan kakap merah, ikan kakap putih, dan ikan bandeng.

Jika hendak membedakan ikan-ikan tersebut, kita bisa melihat langsung morfologi dari ikan tersebut. Setiap jenis ikan konsumsi memiliki ciri khas yang berbeda yang bisa membedakan mereka dengan jenis ikan lainnya.

Manfaat Budidaya Ikan Konsumsi

Berikut beragam manfaat yang didapatkan baik bagi peternak maupun para konsumen:

a. Menjadi Sumber Pendapatan

Menjadi seorang petani budidaya ikan konsumsi adalah pilihan peluang usaha yang menjanjikan dan akan memberikan kesempatan untuk menghasilkan pendapatan.

Melakukan budidaya ikan konsumsi akan memberikan panen yang diperlukan oleh masyarakat.

b. Kebutuhan Gizi

Melakukan budidaya ikan konsumsi adalah upaya berharga agar bisa memberikan kebutuhan nilai gizi. Bahkan ini merupakan satu di antara upaya terbaik agar bisa memenuhi kebutuhan protein hewani yang diperlukan oleh banyak orang.

c. Permintaan yang Tak Berkurang

Dengan melakukan budidaya ikan konsumsi berarti kita sudah membantu dalam menyediakan stok atau pasokan ikan bagi masyarakat selain dari melakukan penangkapan oleh para nelayan.

d. Kemudahan Perawatan

Berbeda dengan cara budidaya ikan hias cupang, melakukan budidaya ikan konsumsi akan lebih mudah dan perawatan yang tidak terlalu sulit. Bahkan untuk melakukan budidaya ikan konsumsi tidak terlalu membutuhkan banyak lahan. Bisa dioptimalkan dengan jenis lahan apa pun nantinya.

e. Modal Usaha Minim

Manfaat lain dari membudidayakan ikan konsumsi adalah kemudahan dalam mengumpulkan modal. Modal yang dibutuhkan tidak banyak bahkan terbilang cukup sedikit dan minim.

Hanya memerlukan lahan untuk kolam pembibitan, perawatan, dan nantinya bisa dipanen.

Manfaat Budidaya Ikan Konsumsi

f. Pekerjaan yang Sederhana

Melakukan budidaya ikan konsumsi ini adalah pilihan terbaik jika ingin melakukan aktivitas usaha yang menguntungkan, modal sedikit, dan perawatan yang mudah. Budidaya ikan konsumsi ini tidak memerlukan banyak upaya dan usaha yang berat.

Budidaya ikan konsumsi merupakan jenis peluang usaha yang mudah dan bahkan bisa ditekuni oleh siapa pun tanpa ada batasan umur. Bahkan ini merupakan peluang usaha bagi yang masih belum bisa bekerja secara penuh atau menjadikannya usaha sampingan yang akan menguntungkan.

Jadi, ini merupakan satu di antara jenis usaha menengah ke bawah yang bahkan bisa digeluti oleh para mahasiswa.

g. Peralatan Tidak Sulit Ditemukan

Manfaat lain bagi sang peternak atau yang melakukan budidaya ikan konsumsi ini adalah masalah peralatan yang mudah ditemukan bahkan tidak sulit untuk mencarinya.

Kamu hanya perlu menyiapkan lahan yang akan disulap atau dirombak menjadi beragam kolam budidaya yang nantinya akan menampung bibit pembudidayaan ikan konsumsi tersebut.

h. Mudah untuk Memasarkannya

Jenis ikan konsumsi adalah ikan yang akan selalu digunakan untuk makanan sehari-hari maka ini akan lebih mudah mencari peluang pemasaran dan konsumen daripada ikan hias. 

Ikan yang dapat dikonsumsi diperlukan banyak kalangan. Hasil panen ikan cukup dibawa ke pasar terdekat maka sudah bisa mendapatkan konsumen di sana. Jadi, tidak lagi perlu sibuk mencari konsumen yang akan membeli hasil dari budidaya ikan konsumsi tersebut.

i. Harga Jual yang Menguntungkan

Harga jual juga merupakan satu di antara manfaat bagi pembudidaya melakukan budidaya ikan konsumsi. Ikan konsumsi diperlukan setiap waktu oleh masyarakat. dengan demikian tidak akan ada perubahan maupun penurunan harga yang signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Author Profile

John Doe

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam.

Search

Bet4D

bet4d

bet4d

bet4d

bet4d

bet4d

bet4d

bet4d

bet4d

bet4d

bet4d

bet4d

bet4d

bet4d