Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

Misteri The Buzzer, Sinyal Radio Rusia yang Mengudara Selama 40 Tahun

adminajaib Avatar
Misteri The Buzzer, Sinyal Radio Rusia yang Mengudara Selama 40 Tahun

JAKARTA – Frekuensi radio gelombang pendek 4625 kHz yang dipancarkan Rusia telah menjadi misteri selama lebih dari empat dekade.

Stasiun radio ini telah menyiarkan berbagai bunyi bip, dengung, dan frasa yang diucapkan secara misterius tanpa henti. Hingga kini, tidak ada yang mengklaim kepemilikan atau memberikan penjelasan resmi mengenai siaran ini, yang dikenal dengan nama UVB-76 atau “The Buzzer.

” UVB-76 pertama kali terdeteksi beroperasi sejak 1970-an. Banyak teori bermunculan untuk menjelaskan tujuan siaran ini. Beberapa pihak menduga stasiun ini adalah bagian dari jaringan komunikasi militer Rusia yang mengirimkan informasi ke kapal selam atau pasukan.

Ada juga yang berpendapat siaran ini adalah bagian dari sistem “Dead Hand,” perangkat kiamat yang memantau serangan nuklir.

Teori lainnya menyebutkan bahwa UVB-76 mungkin adalah stasiun nomor, yang mengirim pesan berkode melalui angka, suara, kode Morse, atau kode digital lainnya. Stasiun-stasiun seperti ini populer pada akhir Perang Dunia I dan berguna selama Perang Dingin untuk mengirim pesan rahasia.

Dilansir dari Popular Mechanics, Sabtu (25/5/2024) sejak stasiun radio mulai dipantau publik pada tahun 1982, sinyal UVB-76 mengalami beberapa perubahan. Awalnya hanya berupa serangkaian bip, pada tahun 1992 sinyal berubah menjadi dengung dengan nada mirip suara klakson kabut setiap beberapa detik.

Setiap satu atau dua minggu, suara pria atau wanita membacakan daftar nama, kata, atau angka.

Pada tahun 2010, peristiwa yang sangat tak terduga terjadi. Sinyal berhenti menyiarkan selama sehari penuh dan dilanjutkan keesokan harinya seolah tidak terjadi apa-apa. Pada Agustus tahun yang sama, terjadi beberapa kali penghentian transmisi.

Pendengar bahkan melaporkan mendengar suara orang bergerak di sekitar sebuah ruangan, kode Morse, dan cuplikan musik “Swan Lake” karya Tchaikovsky. Pada September 2010, lokasi transmisi tampaknya berpindah.

Awalnya sinyal datang dari pangkalan militer di kota Povarovo, sekitar 30 Km dari Moskow. Setelah itu, sinyal menjadi lebih sulit dilacak, dan banyak yang percaya bahwa tanggung jawab stasiun ini kini ada di beberapa situs komunikasi pemerintah resmi di St.

Petersburg dan Moskow. Ketika penjelajah tak berizin mengunjungi situs Povarovo setahun kemudian, mereka menemukan pangkalan tersebut ditinggalkan, kecuali satu anjing penjaga yang dirantai.

Mereka juga menemukan buku catatan yang merinci siaran sejak 2005. Penduduk setempat mengatakan militer Rusia meninggalkan situs tersebut dalam waktu kurang dari 90 menit.

David Stupples, Ph.D., ahli pengintaian berbasis ruang angkasa dan profesor teknik elektronik dan radio di City University of London, menyatakan The Buzzer adalah salah satu misteri yang belum terpecahkan. “Hampir pasti bahwa pemerintah Rusia yang menggunakannya.

Jika itu pemerintah Rusia, itu bukan untuk tujuan damai,” katanya. Stupples percaya stasiun ini mungkin dijaga untuk digunakan dalam keadaan perang nuklir atau bentuk perang yang menyebabkan hilangnya komunikasi nasional slot online.

Karena sifat transmisi yang kuat, stasiun ini mungkin menawarkan saluran darurat untuk komunikasi selama masa konflik. “Mereka mungkin hanya menyimpan saluran tersebut untuk pertahanan udara atau semacam pertahanan,” katanya.

Stupples juga mencatat beberapa teori lainnya. Salah satunya adalah bahwa UVB-76 adalah bagian dari sistem “Dead Hand” yang dapat memicu serangan nuklir balasan jika Rusia hancur. Teori lainnya mencakup penelitian ionosfer, komunikasi kapal selam, atau bahkan jaringan mata-mata internasional.

Meskipun banyak spekulasi, hingga kini tidak ada penjelasan yang pasti mengenai UVB-76.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Author Profile

John Doe

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam.

Search